Langsung ke konten utama

10 Merek Pembalut berbahaya yang Mengintai Bila Pembalut Wanita Mengandung Klorin




 Hasil penelitian yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menunjukkan ada sembilan merek pembalut wanita dan tujuh merek pantyliner yang beredar di Indonesia mengandung zat kimia klorin. Zat tersebut dapat mengancam kesehatan tubuh penggunanya.

"Ada sembilan merek pembalut dan tujuh pantyliner yang mengandung klorin yang bersifat racun," ujar peneliti dari YLKI, Arum Dinta, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (7/7).

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa pembalut yang mengandung klorin paling banyak adalah merek CHARM dengan 54,73 ppm. Menyusu
l di belakang CHARM, Nina Anion menempati posisi kedua dengan kandungan klorin sebanyak 39,2 ppm.

Merek My Lady berada di posisi ketiga dengan kandungan klorin 24,4 ppm dan menyusul di bawahnya VClass Ultra dengan 17,74 ppm. Sementara itu, Kotex, Hers Protex, LAURIER, Softex, dan SOFTNESS juga masuk dalam daftar dengan kandungan klorin 6-8 ppm.

Selain pembalut, kandungan klorin juga ditemukan pada tujuh merek pantyliner, yaitu V Class, Pure Style, My Lady, Kotex Fresh Liners, Softness Panty Shields, CareFree superdry, LAURIER Active Fit.

Menurut Arum, klorin sangat berbahaya bagi kesehatan reproduksi perempuan. Selain keputihan, gatal-gatal, dan iritasi, klorin juga dapat menyebabkan kanker.

"Klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, ada 52 juta berisiko terkena kanker serviks, salah satunya dipicu oleh zat-zat dalam pembalut,” ujar Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.


Dilansir dari laman resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), klorin merupakan salah satu bahan kimia yang paling sering diproduksi di Amerika Serikat. Bahan kimia ini banyak digunakan dalam industri dan ditemukan di beberapa produk rumah tangga. Namun, klorin kadang-kadang ditemukan dalam bentuk gas beracun.




Penggunaan klorin yang paling penting adalah sebagai pemutih dalam pembuatan kertas dan kain, tetapi juga digunakan untuk membuat pestisida (pembunuh serangga), karet, dan pelarut.



Klorin digunakan dalam air minum dan air kolam renang untuk membunuh bakteri berbahaya, juga digunakan sebagai bagian dari proses sanitasi limbah industri.



Klorin dapat memengaruhi kesehatan, tergantung pada tingkat dan durasi paparan. Klorin bersifat korosif dan mengiritasi pada mata, kulit, dan saluran pernapasan bila berbentuk gas atau cair.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT KARTU UCAPAN POP-UP ANNIVERSARY/Valentine 2015

Cara Membuat Kartu Pop-Up Ulang Tahun 2015

Kartu ulang tahun 3 dimensi/pop-up dengan kue ulang tahun 3 tingkat berwarna gold.
Kartu ucapan ini bisa di tujukan kepada pacar cowok atau suami.
Ukuran saat kartu ditutup:




170 mm x 125 mm x 6 mm(ada ketebalan kartu saat ditutup)
Ukuran saat kartu dibuka. 340 mm x 125 mm x 110 mm(tinggi kue termasuk lilin)Bentuk akhirnya seperti ini


Jika berminat hubungi admin website

Cara Cepat Membuat Kartu Pop-Up Ungkapan Cinta 2015

kini Anda dapat melihatnya dalam bentuk pop-up, yaitu kartu dengan objek 3 dimensi di dalamnya. Dibanding kartu ucapan yang hanya berisi gambar dan tulisan, kartu pop-up ini tentunya terlihat lebih menarik, tidak monoton, terkesan hidup, unik, dan memberikan kesan tersendiri bagi si penerima. Berikut Cara melipat yang baik dan benar:

 Lipat kartu dasar menjadi dua. Sisihkan. Gunting kerangka I Love You, lalu lipat. Buat garis tipis untuk tanda merekatkan kerangka menggunakan pensil.
Oleskan lem pada area bawah kerangka, lalu rekatkan tepat pada garis tanda bawah.
Oleskan lem pada area atas kerangka. Lalu, rekatkan tepat pada garis tanda atas. Dalam posisi kerangka terlipat, tutup kartu dan tekan lembut hingga kerangka merekat kuat ke kartu dasar.
Buka kembali kartu, lalu hias pojok kiri atas dan pojok kanan bawah dengan beberapa bunga